Soft Skill Dan Kinerja Karyawan: Studi Kasus Pada Kantor BPJS Kesehatan Gorontalo

Mohamad Rifan Tangahu, Irwan Yantu, Robiyati Podungge

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh soft skill terhadap kinerja karyawan pada Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner yang disebarkan kepada 32 responden yang menjadi sampel. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara statistik memenuhi kriteria hipotesisnya dimana H0 ditolak dan Ha diterima atau soft skill  memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Untuk pengaruh soft skill (X) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 4,862 > ttabel 1,695. Yang apabila nilai keduanya dibandingkan maka thitung lebih besar dari ttabel, yang menjelaskan soft skill memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan pada Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa jika semakin baik soft skill maka akan semakin meningkat kinerja karyawan. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R square 0,441 atau 44,1% dapat menentukan besaran pengaruh yang diberikan oleh soft skill terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian, hipotesis penelitian teruji kebenarannya dan dapat diterima.

Full Text:

PDF

References


Diana, Aneta, Y., & Bokingo, A. H. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Kinerja Karywan Pada PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.

Elfindri. (2011). Soft Skills untukPendidik. BADUOSE MEDIA.

Hendrian, Rohaeti, & Sumarmo. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. REFIKA ADITAMA.

Mangkunegara, & Prabu, A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya.

Rauf, N., Tahir, A., & Yantu, I. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(282–298).

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitat Dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. ALFABETA.

Torang, & Syamsir. (2014). Organisasi dan Manajemen. ALFABETA.

Wahyuni. (2016). Pengaruh hard skill dan soft skill terhadap Kinerja pegawai pada dinas pendidikan Provinsi sulawesi selatan [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar].

Wibowo, T. S., Badi’ati, A. Q., Annisa, A. A., Wahab, M. K. A., Jamaludin, M. R., Rozikan, M., Mufid, A., Fahmi, K., Purwanto, A., & Muhaini, A. (2020). Effect of Hard Skills, Soft Skills, Organizational Learning and Innovation Capability on Islamic University Lecturers’ Performance. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(7), 556–569.

Widarto. (2011). Pengembangan Softt Skills “Mahasiswa PEndidikan Vokasi Melalui Clop-Work.” PARAMITRA.

Widodo, E., & Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. PUSTAKA PELAJAR.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. PUSTAKA BELAJAR.

Yanthy, E., Sudiyono, R. N., Waruwu, H., Agistiawati, E., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh Soft Skills Dan Hard Skill Terhadap Inovasi Guru Sekolah Islam. Refletika Educatia, 10(2), 365–383.

Yulianti, I., & Khafid, M. (2015). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Kemampuan Soft Skills Terhadap Tingkat KEsiapan Kerja Kelas XII Kopetensi Keahlian Akutansi Di SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. 4(2), 389–403.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v4i2.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.