Pengaruh Komitmen, Kepercayaan, dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Pemasok pada PT. Natura Plastindo Kecamatan Gempol
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen, kepercayaan, dan komunikasi terhadap kepuasan pemasok material yang ada di PT. Natura Plastindo Kecamatan Gempol. Perusahaan ini menyediakan hasil daur-ulang produk post-consumer dari jenis material plastik polyethylene, polypropylene dan polycarbonate. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi pada penelitian ini sekaligus sebagai sampel adalah seluruh pemasok yang memberikan kontribusi terhadap PT. Natura Plastindo Kecamatan Gempol, sebanyak 50 pemasok. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari kuesioner , diukur menggunakan skala likert yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji t bahwa komitmen berpengaruh terhadap kepuasan pemasok, Kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pemasok, komunikasi juga berpengaruh terhadap kepuasan pemasok. Sedangkan hasil dari uji F komitmen, kepercayaan, dan komunikasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pemasok.
Full Text:
PDFReferences
Suparmi dan Handhoko.2018. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang. Vol. 7 No. 1
Nurkami, Yola,dkk. 2020. Pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap kepuasan supplier beras di perusahaan umum adan urusan logistik (Studi Kasus : Di Perum BULOG Kantor Cabang Cianjur). Jurnal Agita Vol. 2. No. 2.
Fitri, Medi Nugrahani,dkk. 2016. AnalisisPengaruh Komitmen, Komunikasi dan Strategi kerja sama jangka panjang pemasok dengan
perusahaan terhadap kinerja rantai pemasok (Studi Empirik pada Pemasok Bahan Baku di PT. Charoen Pokphand Semarang).
Dr. Indrasari, Meithiana.2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Badan Penerbit Unitomo Press, ISBN: 978-623-91788-2-6
Yusuf, Ria Mardiana & Syarif, Darman. 2018. Komitmen Organisasi. Penerbit : Nas Media Pustaka. Makasar
Sari, Ratih Permata.,& Ni Nyoman Yasa, Kerti. 2020. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan dan Keajiban Harga Dengan Loyaitas Pelanggan Mapemall.com. Penerbit : Lakeisha
Firmansyah, M. Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Cv. Penerbit Qiara Media.
Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Alfabeta, Cv.
Wiludjeng,Sri dan Daniarsa. 2013. Pengaruh E-Comerce Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Forum Jual Beli Kaskus Di Bandung. Bandung
Hutasuhut, Dea Rahma Riana Putri.2019. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Kepuasan Pelanggan My Burger Coffee Di Medan.Universitas Muhammadiyah Sumatra, Medan
DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v4i2.89
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.