Pengaruh Komitmen, Kepercayaan, dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Pemasok pada PT. Natura Plastindo Kecamatan Gempol

Nur Dewi Rohmatus Sholihah, Mas Totok Illah, Lianita Widyaratna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen, kepercayaan, dan komunikasi terhadap kepuasan pemasok material yang ada di PT. Natura Plastindo Kecamatan Gempol. Perusahaan ini  menyediakan hasil daur-ulang produk post-consumer dari jenis material plastik polyethylene, polypropylene dan polycarbonate. Jenis penelitiannya adalah  kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi pada penelitian ini  sekaligus sebagai sampel  adalah seluruh  pemasok yang memberikan kontribusi terhadap PT. Natura Plastindo Kecamatan Gempol, sebanyak 50  pemasok. Alat analisis yang digunakan  adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Data primer dalam penelitian ini didapatkan dari kuesioner , diukur menggunakan skala likert yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa dari hasil uji t bahwa  komitmen berpengaruh terhadap kepuasan pemasok, Kepercayaan berpengaruh  terhadap kepuasan pemasok, komunikasi juga berpengaruh terhadap kepuasan pemasok. Sedangkan hasil dari uji F  komitmen, kepercayaan, dan komunikasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pemasok.


Full Text:

PDF

References


Suparmi dan Handhoko.2018. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang. Vol. 7 No. 1

Nurkami, Yola,dkk. 2020. Pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap kepuasan supplier beras di perusahaan umum adan urusan logistik (Studi Kasus : Di Perum BULOG Kantor Cabang Cianjur). Jurnal Agita Vol. 2. No. 2.

Fitri, Medi Nugrahani,dkk. 2016. AnalisisPengaruh Komitmen, Komunikasi dan Strategi kerja sama jangka panjang pemasok dengan

perusahaan terhadap kinerja rantai pemasok (Studi Empirik pada Pemasok Bahan Baku di PT. Charoen Pokphand Semarang).

Dr. Indrasari, Meithiana.2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Badan Penerbit Unitomo Press, ISBN: 978-623-91788-2-6

Yusuf, Ria Mardiana & Syarif, Darman. 2018. Komitmen Organisasi. Penerbit : Nas Media Pustaka. Makasar

Sari, Ratih Permata.,& Ni Nyoman Yasa, Kerti. 2020. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan dan Keajiban Harga Dengan Loyaitas Pelanggan Mapemall.com. Penerbit : Lakeisha

Firmansyah, M. Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Cv. Penerbit Qiara Media.

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Alfabeta, Cv.

Wiludjeng,Sri dan Daniarsa. 2013. Pengaruh E-Comerce Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Forum Jual Beli Kaskus Di Bandung. Bandung

Hutasuhut, Dea Rahma Riana Putri.2019. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Kepuasan Pelanggan My Burger Coffee Di Medan.Universitas Muhammadiyah Sumatra, Medan




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v4i2.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.