PENGARUH PROMOSI DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA NEW VARIO 125 DI DEALER HONDA SATRYA DELTA PERKASA DI PASURUAN

Mas Totok Illa, Ari Eka Sumita

Abstract


Abstract

 

This study aims to determine the effect of promotion and product features on purchasing decisions for Honda Vario New 125 products at Satrya Delta Pasuruan dealers partially and simultaneously. The population in this study was the purchase of Honda New Vario 125 products at Satrya Delta Pasuruan dealers. The sampling technique used a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. The sample in this study was 50 respondents. The method used in this study is a quantitative research approach method. This study uses multiple linear regression analysis with data collection using a questionnaire with a Likert scale. The results of the study indicate that partially promotion and product features have a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, the promotion and product feature variables have a positive and significant effect on purchasing decisions for Honda New Vario 125 products at Satrya Delta Pasuruan dealers.

 

Keywords: Promotion, Product Features, and Purchasing Decisions

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan fitur produk terhadap keputusan pembelian produk Honda Vario New 125 pada pembelian di dealer Satrya Delta Pasuruan secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pembelian produk Honda New Vario 125 pada pembelian di dealer Satrya Delta Pasuruan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi dan fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel promosi dan fitur produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Honda New Vario 125 pada pembelian di dealer Satrya Delta Pasuruan.

Kata Kunci : Promosi, Fitur Produk, dan Keputusan Pembelian

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Basu, Swastha, & Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty.

Yogyakarta.

Bilson Simamora. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. J akarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, N. F. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.

Hawkins, K. A, Conney and Roger, S. B. 1986. Consumer Behavior Implications for Marketing Strategy. Dallas, Texas : Bussiness Publication, Inc

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium Jilid Satu. Jakarta : PT. Indeks

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar. Prabu. (2009). Perilaku Konsumen. PT. Refika Aditama Bandung.

Purwanto, Asih. 2008. “Pengaruh Produk Features, Promosi dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Sepeda Motor Honda Vario ”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. I No. 1 Hal : 23-40.

Santoso, S. 2002. SPSS Versi 11.5 Cetakan Kedua: Gramedia, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy., 2012, Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi

Umar, Husein. 2002. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam pemasaran. edisi II, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru

Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i2.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.