Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Strategi Inovasi terhadap Kinerja Operasional Perusahaan Jasa Parkir

Irwan Muhammad, Lianita Widyaratna, Handik Purwantoro

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan Jasa Parkir secara sebagian maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan Perusahaan Jasa Parkir yang berlokasi di Kota Malang Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik saturated sampling atau sampel jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini sebanyak 52 responden yang merupakan karyawan yang menjalankan operasional di perusahaan jasa parker tersebut.. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian secara sebagian menggunakan uji t menunjukkan bahwa Penggunaan Teknologi Informasi tidak berpengaruh  terhadap kinerja Operasional sedangkan  Strategi Inovasi Berpengaruh terhadap Kinarja operasional. Untuk hasil penelitian secara simultan atau bersama-sama  menggunakan uji F variabel Teknologi informasi dan Strategi inovasi berpengaruh terhadap Kinerja Operasional perusahaan jasa parkir.

Kata kunci: Penggunaan Teknologi Informasi, Strategi Inovasi, Kinerja Operasional.

 

 

 

 

Abstract.

            This research aims to determine the influence of the use of information technology and innovation strategies on the operational performance of parking service companies in part or jointly. The population in this study were employees of parking service companies located in Malang City, East Java. The sampling technique uses non-probability sampling with a saturated sampling technique. The sample used in this research was 52 respondents who were employees who ran operations at the parking services company. The method used in this research was a quantitative research approach. This research uses multiple linear regression analysis with data collection using a questionnaire with a Likert scale. The results of research partially using the t test show that the use of information technology has no effect on operational performance, while innovation strategy has an effect on operational performance. For research results simultaneously or jointly using the F test, the variables Information Technology and Innovation Strategy influence the operational performance of parking service companies.

Keywords: Use of Information Technology, Innovation Strategy, Operational Performance


Full Text:

PDF

References


Adiyanti, A. ika. (2015). Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah

Affandi, A., Rozi, A., & Sunarsi, D. (2021). Manajemen SDM Strategik: Strategi Mengelola Karyawan di Era 4.0 (1st ed.). (Wahyudi, Ed.) Serang: Bintang Visitama Publisher.

Arisuniarti, Desak Made. 2016. Pengaruh Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen Terpadu Terhadap Kinerja Karyawan di Lingkungan Universitas Warmadewa. Jurnal. Bali.

Aswandy, E., & Mariyanti, T. (2022). Analisa Pengaruh Teknologi Informasi & Komunikasi terhadap Kewirausahaan dan Kinerja UMKM. Jurnal STEI Ekonomi, 31(01), 76-89.

Avionitis, G.J dan N.Tzokas. 1994. Assessing the Innovativeness of Organizations and its antecedents:Project Innovative. European Journal of Marketing, 28, (11), pp.5-28.

Banker, R. D., G. Potter and R. G. Schroeder. 1993. “Reporting Manufacturing Performance Measures to Workers: An Empirical Study, “Journal Of Managemenent Accounting Research

Biegel, John E. (1999), Pengendalian Produksi Suatu Pendekatan Kuantitatif, Akademika Presindo, Jakarta

Christianto, H., Satria, R., & Sucahyo, Y. G. (2007). Pengaruh Implementasi Sistem Informasi/Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan: Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Pengiriman. Jurnal sistem informasi MTI UI, 3(2), 1-8.

Daft. 2010. Era Baru Manajemen. Jilid 1. Edisi ke Sembilan Salemba Empat. Jakarta

Damanpour, F and Evan, W. 1987. Organizational innovation and the problem of "organizational lag" Administrative Science Quarterly, 29 (3): 392-409

Doll, W.J., and G. Torkzadeh. 1988. “The Measurement of End-User Computing Satisfaction”. MIS Quarterly. 12 (June). pp. 259-274.

Drucker, P. F. (2012). Inovasi dan Kewiraswastaan. Jakarta: Erlangga.

Fahmila, S. F. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan. Dspace Universitas Islam Indonesia

Frambach, R. T., & Schillewaert, N. 2002. Organizational Innovaton Adoption: A Multi-level Framework of Determinants and Opportunities for Future Research. Journal of Business Research, 55 (2), 163-176.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2010). Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia. BPFE-Yogyakarta

Herjanto, Eddy, 2008, Manajemen Operasi Edisi Ketiga, Jakarta: Grasindo.

Ismanto, A., 2010, “Pemafaatan Teknologi Informasi Berpengaruh Terhadap Kinerja Individu Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya”, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya

Jordan, G., Leskovar, R., & Marič, M. (2018). Impact of Fear of Identity Theft and Perceived Risk on Online Purchase Intention. 51(2). https://doi.org/10.2478/orga-2018-0007

Kazinguvu, N. (2016). Strategic Innovation in Management of small and MediumSized Manufacturing Companies in Rwanda, East Africa Collaborative PhD. Program in Economics and Management

Klein, K. J., & Sorra, J. S. (1996). The Challenge of Innovation Implementation. The Academy of Management Review, 21(4), 1055–1080.

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Lendel, V., Hittmár, Š., & Siantová, E. (2015). Management of innovation processes in company. Procedia economics and finance, 23, 861-866.

Leong, G. K., Snyder, D. L., & Ward, P. T. (1990). Research in the process and content of manufacturing strategy. Omega, 18(2), 109-122.

Martin, E.1999. Managing Information Technology What Managers Need to Know. 3rd ed. New Jersey:Pearson Education International.

Moeheriono. 2012. “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Montazemi, A.R., 1988. Factor affecting information satisfaction in the context of thesmall business environment. MIS Quarterly, Vol 12 (2): 239 – 256.

Mulyadi, 1993, Sistem Akuntansi, Edisi 3, Cetakan 2. Bagian Penerbitan STIE YKPN: Yogyakarta, hal 16

Ningsih, Siti Fitria. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Departemen General Affair PT Inti Dufree Promisindo Bali. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Porter, M. E., Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Indstries and Competitors, The Free Press, 1980.

Priyatno, Dwi. 2014. Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom

Putra, R. G., Fauzi, A., Prasetyo, E. T., Pratama, S. R., Ramadhan, I.

D., Febriyanti, F., & Nurlela, S. (2023). Pentingnya Manajemen Security di Era Digitalisasi. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(1), 75-83.

Robertson, 2002, ”Performance Measurement”, Jogjakarta

Salaman, J.G., & Storey, J., 2002. Managers’ theories about the process of innovation. Journal of Management Studies, 39(2), pp. 147-165. doi.org/10.1111/1467-6486.00286.

Sugiyono. 2007. Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Utterback, J.M., (1994). Mastering The Dynamics of Innovation: How Companies Can Seize Opportunities in The Faced of Technological Change Boston. Harvard Business School Press

Vitaloka, Resti. (2020). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan (Studi Pada UMKM Di Jambi). Dspace Universitas Islam Indonesia

Williams dan Sawyer. 2003.Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications.London: CareerEducation, page 17, chapter 2

Zahra, S.A., dan S. R. Das (1993), Innovation Strategy and Financial Performance in manufacturing companies: An empirical Study.

Production and Operations Management 2 (I) (Winter) : 15-37

Zahra, S.A., dan S. R. Das (1993), Innovation Strategy and Financial Performance in manufacturing companies: An empirical Study. Production and Operations Management 2 (I) (Winter)




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v7i1.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.