Pengaruh Green Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Hermina Tangkuban Prahu Malang
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to analyze the influence of Green Marketing on patient satisfaction and loyalty in the Outpatient Service Unit of Hermina Tangkuban Prahu Hospital, Malang. The research method used in this research is quantitative descriptive research with the research location located at the Hermina Tangkuban Prahu Hospital, Malang, which is located on Jalan Tangkuban Prahu No. 27-33 Malang City. The population in this study was 1,033 patients who visited Hermina Tangkuban Prahu Hospital during January to May 2024, of which the sample studied was 91 people. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis, it shows that Green Marketing partially influences patient satisfaction and Green Marketing partially influences patient loyalty in the Outpatient Service Unit of Hermina Tangkuban Prahu Hospital, Malang.
Keywords: Green Marketing, Patient satisfaction, Patient loyalty
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh Green Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Hermina Tangkuban Prahu Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan lokasi penelitian terletak di Rumah Sakit Hermina Tangkuban Prahu Malang yang terletak Di Jalan Tangkuban Prahu No. 27-33 Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung di Rumah Sakit Hermina Tangkuban Prahu selama bulan Januari hingga Mei 2024 sebanyak 1.033 orang dimana sampel yang diteliti sebanyak 91 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Green Marketing secara parsial mempengaruhi kepuasan pasien dan Green Marketing secara parsial mempengaruhi loyalitas pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Hermina Tangkuban Prahu Malang.
Kata Kunci: Green Marketing, Kepuasan pasien, Loyalitas pasien
Full Text:
PDFReferences
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011a). Aplikasi analisis multivariate dengan IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.(cet. 5). Semarang: Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Guilford, J. P. (1956). The Guilford-Zimmerman Aptitude Survey. Personnel & Guidance Journal.
Imam, G. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN, 979(015.1).
Koentjaraningrat. (1985). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.
Sukmadilaga, C., Winarningsih, S., Handayani, T., Herianti, E., & Ghani, E. K. (2022). Fraudulent Financial Reporting in Ministerial and Governmental Institutions in Indonesia: An Analysis Using Hexagon Theory. Economies, 10(4), 86.
Upe, J. A., & Usman, A. (2022). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA STARBUCKS COFFEE DI KOTA MAKASSAR. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 9(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v7i1.209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.