Peran Keinginan Keluar Sebagai Moderasi ; Pengaruh Komitmen dan Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Asuransi Amanah

Hariyanto R. Djatola, Nur Hilal

Abstract


Sumber daya yang dimiliki perusahaan sangatlah penting dalam memenangkan tingginya persaingan, terlebih terletak pada karyawan yang memiliki kompetensi menjadi sumber kekuatan perusahaan, maka penelitian ini ingin mengetahui komitmen dan kepuasan kerja  karyawan akan perusahaan tidak memiliki keinginan untuk berpindah ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunak jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori (Explanatory research) yang akan membuktikan hubungan sebab akibat antara variabel bebas yaitu variabel komitmen dan kepuasan kerja;  variabel moderasi yaitu keinginan untuk keluar;  dan variabel terikat (Organizational Citizenship Behavior (OCB).  Sumber data berupa data Primer yaitu data yang dikumpulkan melalui kuesioner serta studi dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini.  Temuan dari hasil penelitian bahawa komitmen karyawan pada organizational citizenship behavior (OCB) memilki efek secara langsung akan tugas yang diberikan walaupun bukan tugas utama dan juga kepuasan karyawan akan apa yang berikan perusahaan memiliki efek pada organizational citizenship behavior (OCB. Peran keinginana untuk keluar perusahan bukan hanya diukur dari komitmen dan kepuasan karyawan, sesunggunya ada variabel lain yang memilki efek akan keluarnya atau pindah karyawan ke perusahaan lain.


Full Text:

PDF

References


Abelson, M. A. 1987. Examination of Avoidable and Unavoidable Turnover. Journal of Applied Phsychology, 72: 382-386

Agung AWS Waspodo, Lussy Minadaniati, 2012. Pengaruh kepuasan kerja dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan pada PT. Trubus SwadayaDepok. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012

Allen, N.J. & Meyer, J.P. 2000. Commitment in the workplace: Theory, research,and application California: Sage Publication

Bara Dhatu Dewanggana, Patricia Dhiana Paramita,Andi Tri Haryono, 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, BudayaOrganisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB) yang Berdampak Pada Prestasi Kerja Karyawan(Studi pada PT. PLN APP Semarang).Journal Of Management, Volume 2 No.2Maret 2016.

Chen, Z. X & Francesco, A. M. 2003. The Relationship Between the Three Components of Commitment and Employee Performance in China. Journal of Vocational Behavior. Vol. 62, No. 3, pp: 90-510.

Chughtai, A. A. 2008. Impact of Job Involvement on In-Role Job Performance and OrganizationalCitizenship Behavior. Behavioral and Applied Management. Vol. 9, No. 2, pp: 169- 182

Cohen, A. 2006. The Relationship Between Multiple Commitments and Organizational CitizenshipBehavior in Arab and Jewish Culture. Journal of Vocational Behavior. Vol. 69, No. 1, pp: 105-118.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 1999, metodologi Penelitian Bisnis UntukAkutansi Dan Manajemen, Yogyakarta : BPFE, 1999.

Kuehn, K. W & Al-Busaidi, Y. 2002. Citizenship Behavior in a Non-Western Context: an Examination of the Role of Satisfaction, Commitment and Job Characteristics on Selfreported OCB. International Journal of Commerce & Management. Vol. 12, No. 2, pp: 107-125.

Kwantes, C. T. 2003. Organizational Citizenship and Withdrawal Behaviors in the USA and India: does Commitment Make a Difference?.International Journal of Cross Cultural Management. Vol. 3, No. 1, pp: 5-26.

Mangkunegara, A. P. (2005). Evaluasi Kinerja Sumber DayaManusia. Bandung: Refika Aditama.

Mathis, Robert L, dan John H.Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama Salemba Empat. Jakarta

Mas’ud, Fuad. (2004). Survei Diagnosis Organisasional, Konsep& Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mehboob and Bhutto.2012. Job Satisfaction as a Predictor of Organizational Citizenship Behavior A Study of Faculty Members at Business Institutes. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 3, No 9 (http://www.journal-archieves14.webs.com/1447-1455.pdf.

Organ, D.W. 2003. Organizational citizenship behavior : The good soldier

syndrome. Lexington, MA : Lexington Books.

Podsakoff, P. M & Mackenzie, S. B. 1994. Organizational citizenship behaviors and sales unit effectiveness. Journal of Marketing Research. Vol. 31, No. 3, pp: 351-363

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untukPerusahaan Dari Teori ke. Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P. 1998. Organizational behavior: Concepts, Controversies,

applications (8th ed). Upper Sadlle River, NJ: Prentice-Hall

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2008, Perilaku Organisasi.” Buku 1. Edisi 12. Salemba Empat, Jakarta.

Steers R.M., dan Sanchez Runde, C.J. 2002. Culture Motivation, and work behavior. In M.J Gannon, & K.L Newman (Eds). The Blackwell Handbook of Principles of Cross Cultural Management (pp. 190-216). Bodmin, UK. MPG Books.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Swanburg, R. C. 2000. Kepemimpinan danManajemen untuk Karyawan Klinis. Alih bahasa Suharyati Samba. EGC. Jakarta.

Williams, L. J., & Anderson, S. E. (1991). Job satisfaction and organizational commitment as predictors of organizational citizenship and in-role behaviors. Journal of Management, 17, 601-617.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v4i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.