Gaya Kepemimpinan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah di Provinsi Gorontalo

Irwan Yantu

Abstract


Penelitian mengambil lokasi di Rumah Sakit yang ada di Provinsi Gorontalo yakni; RSUD Aloei Saboe, RS Islam, RS Multazam, RS Bunda, RS Otanaha, RS Toto, RS Ainun Habibie, RS Tani Dan Nelayan, dan RS ZUS. Penelitian dilaksanakan selama rentang waktu April – Oktober 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik snowball yakni proses penentuan informan berdasarkan informan sebelumnya tanpa menentukan jumlahnya secara pasti dengan menggali informasi terkait topik penelitian yang diperlukan. Informan dalam penelitian ini, yaitu seluruh pegawai yang ada mencakup kepala tata usaha, kepala seksi penunjang dan pelayanan, para dokter umum, perawat, bagian perencanaan, staf kepegawaian, dan para koordinator bagian. Data dianalisis mengikuti konsep yang yang diberikan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktur RS di lingkungan Provinsi Gorontalo menjalankan ketiga gaya kepemimpinan namun lebih cenderung pada gaya kepemimpinan Demokratis yakni kepemimpinan dimana pemimpin selalu bersedia menerima dan menghargai saran-saran, pendapat dan nasehat dari staff dan bawahan, melalui forum musyawarah untuk mencapai kata sepakat.

 

Kata Kunci: Otoriter; Demokratis; Laissez Faire


Full Text:

PDF

References


Nivalinda, D., Hartini, M., & Santoso, A. (2013). Pengaruh Motivasi Perawat Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Terhadap Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksana Pada Rumah Sakit Pemerintah Di Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan, 1(2), 111649.

Publikasi, N., Putriningrum, N., Studi, P., & Keperawatan, I. (2014). Hubungan gaya kepemimpinan kepala ruang dengan penerapan keselamatan pasien di rs pku muhammadiyah yogyakarta. 1–18.

Rohayani, L. (2013). *) Managemen keperawatan, Ilmu Keperawatan, Stikes Jenderal Ahmad Yani Cimahi, Bandung,Jawa Barat. 279–282.

Rumah, D. I., Jiwa, S., Levina, P., & Haan, M. De. (2019). Gaya Kepemimpinan Dengan Motivasi Kerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Keperawatan, 7(2).

Sutikno, Sobry M. 2014. Pemimpin dan Gaya Kepemimpinan, Edisi Pertama. Lombok: Holistica.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v3i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.