Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Sport Station Kota Batu

Alfiah Said, Anggun Nitasari

Abstract


PT MAP Mitra Adiperkasa Tbk sebuah peritel di Indonesia yang bergerak dalam peritel terkemuka yang mencakup olahraga, mode, toserba, anak–anak, makanan dan minuman serta produk–produk gaya hidup. PT Mitra Adiperkasa memiliki lebih dari 2000 gerai ritel yaitu salah satunya Sport Station. Lebih tepatnya penelitian ini dikhususkan untuk Sport Station Lippo Plaza Batu yang telah berjalan kurang lebih 9 tahun.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang analisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Sport Station Lippo Plaza Batu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 60 orang pelanggan dalam kurun waktu 2 bulan yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Selanjutnya, data yang telah terkumpul dianilisis menggunakan analisis statistic yakni analisis statistic deskriptif.

Hasil dari penelitian ini diketahui variabel Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan dan secara simultan variabel Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan PT MAP Mitra Adiperkasa Tbk.


Full Text:

PDF

References


Adytomo, Yudith, 2006, “Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Grasia Semarang”, Thesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Aryotedjo, 2005, “Pengaruh Kualitas Jasa, Kepuasan dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Bisnis Retail”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 5, No. 2: 223-232.

Chandra, Filicia dan Theresia Widyaratna Danny, 2001, “Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, Vol. 2: 85-95.

I Made Bayu Dirgantara, 2006, “Pengaruh KualitasbPelayanan Dalam Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Jasa”, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 15, No. 2.

Fariza, Diana, 2008, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan GSM Indosat di Kota Semarang”, Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Augusty Ferdinand, 2006, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 1999, Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: BPFE.

Kotler dan Armstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 1996, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad, 2001, Metode Kuantitatif, Yogyakarta: AMP YKPN.

Margaretha, Moureen, 2004, “Studi Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Divisi Asuransi Kumpulan AJB Bumi Putera 1912”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Desember, Vol. III, No. 2: 289-308.

Marzuki, 2005, Metodologi Riset, Yogyakarta: Ekonisia.

Nugroho, Marno dan Ratih Paramita, 2009, “Analisis Pengaruh Lokasi, Keanekaragaman Barang Terhadap Keputusan Berbelanja dan Loyalitas Konsumen di Carrefour Semarang”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Januari, Vol. 10, No. 1

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Alfabetha, Bandung.

Suprapto, Johanes, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy, 1999, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy, 2004, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2005, Service, Quality and Satisfaction, Yogyakarta: ANDI.

Widiyanto, Ibnu, 2008, Pointers: Metodologi Penelitian, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v3i1.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.