Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Wanit Berhijab Di Kota Gorontalo

Melinda Noviana Hasan, Tineke Wolok, Umin Kango

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Wanita Berhijab Di Kota Gorontalo baik secara simultan maupun parsial. Penilitian ini dilaksanakan pada konsumen yang pernah menggunakan produk Wardah di kota Gorontalo dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penilitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kemudin analisis data menggunakan regresi berganda (karena lebih dari 1 variabel bebas). Analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS 22. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel bebas (Kualitas Produk Dan Citra Merek) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terkait (Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Wanita Berhijab Di Kota Gorontalo). Kemudian nilai R square adalah sebesar 0,594%. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 48,5% variabilitas Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Wanita Berhijab Di Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh Kualitas Produk dan Citra Merek sedangkan sisanya sebesar 51,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penilitian ini.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Anggipora Marius P., 2002. Dasar-dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Graha Ilmu, Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Agusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Buchari, Alma. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta. Bandung

Canon, Joseph. P, dkk,. 2008. Pemasaran Dasar, Buku I edisi 16. Salemba Empat

Darman, Muly. 2008. “Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio pada Mio Automatik Club (MAC) Medan”. Jurnal Manajemen Bisnis Volume 1. Nomor 3 September 2008.

Durianto, Darmadi. Sugiarto.Budiman Lie Joko. 2004. Brand Equity Ten. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ferrindewi,Erna.2005. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.7 No. 2 September

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi Ilmu Manajemen. Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hendra Noky Andrianto, Idris. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang”. Journal Of Management. Vol.2 no. 3, tahun 2013, hal 1-10. Semarang

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P dan Keller L. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke-13 Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Selemba Empat, Jakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Jakarta: Indeks

Kotler dan Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta:PT. Indeks

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerjemahan Imam Nuemawan. Jakarta: Penerbit Selemba Empat

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta

Lindawati, 2005, “Analisis Kesadaran Merek, Persepsi Konsumen, dan Asosiasi Merek dalam Ekstensi Merek Pada Produk Merek LIFEBUOY di Surabaya”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.IV, No.1, p.47-70

Lupiyoadi, Rambad dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Noerchoidah.2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Iklan Terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki.Jurnal WIGA Vol. 3 No.1. Maret 2013 ISSN NO 2088-0944

Parengkuan, dkk.2014. Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders.Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1792-1802

Rizan Machmud. 2013. Peran Penerapan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Lembaga Kemasyarakatan Narkotika (Lapastika) Bollangi Kabupaten gowa. 9(3):409-421

Machmud, Rizan. 2018. Kepuasan Penggunaan Sistem Informsi. Gorontalo: Ideas Publishing

Rizan Machmud, Andi Juanna. 2018. Analysis Of Factors Affecting The competitiveness Of Small And Medium Enterprises In Gorontalo Province, Indonesia. 7(3):70-78




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v3i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.