PENGARUH LOKASI, PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIPA TRILLIUN

Abdul Mu'is, muhammad afif

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effect of location, product and price on purchasing decisions for Trilliun pipes in TB Indah Jaya, Susukan Rejo, Pohjentrek District, Pasuruan. partially and simultaneously. The population in this study were users of Trilliun pipe products in TB Indah Jaya, Susukan Rejo, Pohjentrek District, Pasuruan. The sampling technique used a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. The sample in this study was 80 respondents. The method used in this study is a quantitative research approach method. This study uses multiple linear regression analysis with data collection using a questionnaire with a Likert scale. The results of the study indicate that partially product quality, price, and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, the variables Location, Product and Price have a positive and significant effect on purchasing decisions for Trilliun pipes in TB Indah Jaya, Susukan Rejo, Pohjentrek District, Pasuruan.

 

Keywords: Location, Product, Price and Purchasing Decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, produk dan harga terhadap keputusan pembelian pipa Trilliun di TB Indah Jaya, Susukan Rejo, Kec. Pohjentrek, Pasuruan. secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk pipa Trilliun di TB Indah Jaya, Susukan Rejo, Kec. Pohjentrek, Pasuruan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel Lokasi, Produk dan Harga, positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pipa Trilliun di TB Indah Jaya, Susukan Rejo, Kec. Pohjentrek, Pasuruan.

Kata Kunci : Lokasi,  Produk,  Harga dan Keputusan Pembelian

References


Achidah, Nur. 2016. Pengaruh Lokasi,produk Dan harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt.

Alma, Buchari. (2002). Manajemen dan Pemasaran Jasa. Bandung:

Alfabeta. Ariani, D.W. (2003). Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor:Ghalia Indonesia.

Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Frankael, J. & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-

Hill Inc.

Gay, L.R & Diehl, P.L. (1992). Research Methods for Business and Management.New York: MacMillan Publishing Company.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan PenerbitUniversitas Diponegoro.

Karisam, Mohammad. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajat. (2010). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Malhotra K, Naresh. (2014). Basic Marketing Research. England: Pearson Education.

Saladin, Djasalim. (2001). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.

Sciffman, Leon dan Kanuk Leslie L. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks

Sugiyono, (2001). Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Swatsa, Basu dan Handoko. (2011). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F dan G. Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i2.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.