ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA CV. KARINDO PUTRA JAYA, KRIANSIDOARJO

Deddy Wira Perdana, Ike Ratnasari

Abstract


Abstract

 

This study aims to determine the effect of the implementation of Total Quality Management which is manifested in 4 basic pillars, namely Customer Satisfaction, Employee Empowerment, Continuous Quality Improvement and Management Based on Facts on Operational Performance at CV. Karindo Putra Jaya. The research sample used was 58 employees who had participated in Total Quality Indonesia training and sampling using the purposive sampling method. The data analysis method used Multiple Linear Regression, Classical Assumptions and Hypothesis Testing. Based on the results of data analysis, the implementation of Total Quality Management has been shown to have a positive effect on operational performance. However, the Customer Satisfaction and Continuous Quality Improvement variables in Total Quality Management have been shown to have no partial effect on Operational Performance. While the Employee Empowerment and Management Based on Facts variables in Total Quality Management have been shown to have a significant positive effect on Operational Performance.

 

Keywords: Total Quality Management, Operational Performance

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Total Quality Management yang diwujudkan dalam 4 pilar dasar yakni Kepuasan Pelanggan, Pemberdayaan Karyawan, Peningkatan Mutu Berkelanjutan dan Manajemen Berdasarkan Fakta terhadap Kinerja Operasional di CV. Karindo Putra Jaya. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 58 karyawan yang telah mengikuti pelatihan Total Quality Indonesia   dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.  Metode analisis data menggunakan regresi Linier Berganda, Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis.  Berdasarkan hasil analisis data, penerapan Total Quality Management terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja operasi. Namun, Variabel Kepuasan Pelanggan Dan Peningkatan Mutu Berkelanjutan dalam Total Quality Management terbukti tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Operasi. Sedangkan untuk variabel Pemberdayaan Karyawan Dan Manajemen Berdasarkan Fakta dalam Total Quality Management terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Operasi.

 

Kata kunci: Total Quality Management, Kinerja Operasional

References


A, Azhar Al. (2010). Peranan Total Quality Manajemen (Tqm) Dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kampus Bina Widya Simpang Baru Pekanbaru Daft, iR. iL.i(2010). iEra iBaru iManajemen. iJakarta: iSalemba iEmpat.

David, iF. iR.i(2011). iStrategic iManagement: iConcepts iand iCases. iJakarta: Salemba iEmpat.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit.

Handoko, iH.i(2010). iDasar-dasar iManajemen iProduksi idan Operasi:Edisi Pertama. iYogyakarta: iBPFE.

Herjanto, iE. i (2015). iManajemen iOperasi iEdisi iKetiga. iJakarta: iGrasindo.

Munizu, Musran, Surachman Ubud Sali, dan Solimun. (2011) Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terhadap Budaya Kualitas, Daya Saing dan Kinerja Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur di Kota Makassar). Jurnal, Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hsanuddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, dan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Nasution, M, Nur, (2005) Manajemen Mutu Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia

Prayhoego, Callysta, dan Devie. (2013). Analisa Pengaruh Total Quality Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Jurnal. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Sunyoto, Danang. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika. Aditama.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2001). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Umar. (2003). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Widjaya, Oey Hannes, dan Ian Nurpatria Suryawan. Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Quality Management Information (QMI) Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal. Jakarta: Universitas Tarumanagara dan TSM Trisakti.

Yamit, iZ.i(2013). iManajemen iKualitas iProduk i& iJasa.Yogyakarta: Ekonosia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i2.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.