PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MS GLOW DI KEDAI SHOPPING GEMPOL

Fatimah Az Zahroh, Anton Ferry Ananda

Abstract


Abstract

 

This study was conducted to test the effect of product quality and price on purchasing decisions. The population in this study were MS Glow consumers throughout Indonesia. The sample used was MS Glow consumers at Kedai Shopping from February to March using the Random Sampling Technique. The number of samples was determined using the Lemeshow formula to obtain 96 people. The analysis technique used was multiple linear regression. Hypothesis testing was carried out using the t-test and f-test. The results of the t-test showed that the variables Product Quality and Price had a significant positive effect on Purchasing Decisions partially. While the results of the f-test showed that the variables Product Quality and Price simultaneously had a positive and significant effect on Purchasing Decisions.

 

Keywords: Product Quality, Price, Purchasing Decisions

 

Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen MS Glow seluruh Indonesia. Sampel yang digunakan adalah konsumen MS Glow di Kedai Shopping periode bulan Februari sampai Maret menggunakan Teknik Random Sampling. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh 96 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan meggunakan uji t dan uji f.  Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara parsial. Sedangkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. 

 

Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran. emba, 205.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh kualitas, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek citra. JESYA.

Anoraga, P. (2000). Manajemen Bisnis. 215.

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali pers.

Astuti, R., & Felicia. (2022). Pengaruh kualitas produk danharga terhadap keputusan pembelian produk halal umkm di 212 mart Medan. Ilmiah magister manajemen.

Bakar, R. A. (2018). Manajemen Pemasaran. 2.

Basu, Swastha, & Irawan. (2017). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPEE.

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh promosi, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen produk scarlett whitening. Ekonomi keuangan dan bisnis syariah.

Echdar, S. (2017). Metode penelitian manajemen dan bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2021). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum di dalam kemasan (AMDK) merek Le Minerale 600 ml di kota semarang. Mirai magement.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23 . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hajijah, S. N., & Annisamala, Y. N. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee di kalangan mahasiswa kota Cirebon. Bonanza.

Hasan. (2013). marketing. Center for Academic Publishing Service.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., & Nugroho, D. (2012, Januari). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Pejualan. Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76-82.

Koeswara, S. (1995). Pemasaran Industri. 23-26.

Kotler, P., & Armstrong, N. (2016). Bauran Pemasaran. Emba, 47.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2013). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W., & Rogi, M. (2016). Analisis faktor-faktor bauran pemasaran(4P) terhadap keputusan pembelian pada rumah makan podomoro poigar di era normal baru. Emba, 169.

Maramis, F. S., Sepang, J., & Soegoto, A. S. (2011, Juli). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. Emba, 6(3), 1658-1667.

Maulida, Y. A., & Habiburahman. (2022). analisis. si batik, 1(3), 303-314.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021, April). Strategi Bauran Pemasaran. Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo, 2(1), 3.

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas produk, strategi promosi dan harga terhadap keputusan pembelian kartu simpati telkomsel di Kota Manado. Emba.

Morissan, A. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Kencana.

Nasution, & Lesmana. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap keputusan pembelian konsumen. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia,, 83-88.

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Orville, J. M., Larreche, J. C., & Boyd, H. W. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Panzy, S., & Aditya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Konveksi. e-Proceeding of management, (pp. 36293638).

Peter, & Olson. (2000). Consumer Behaviour. Jakarta: Erlangga.

Peter, P., & Olson, J. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. MBIA, 40-50.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.

Siamamora, B. (2004). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Ilmu.

Sofyan, M., & Rahmawati, N. F. (2022). Analisis kualitas layanan dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian jasa ekspedisi PT. Kadiri Logistik Cargo. senmabis.

Soleha, Suhartati, L., Martis, A., & Sugiyanto. (2022). pengaruh harga produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian tahu pada konsumen pabrik tahu soleha gunung sindor bogor. Humanis.

Stanton, W. J. (2000). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, D. A., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc. JRABI, 579-599.

Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwarni, E., & Astuti, M. (2022). penerapan sistem. jpmi, 2(2), 187-192.

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i2.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.