PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN FASHION LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN SECOND THRIFTSHOP

Ahmad Zainuri, Syaifuddin Fahmi

Abstract


Abstract

 

This study discusses the decision to purchase preloved clothing or better known as thrift products. The study in this study is a thriftshop in Malang Regency, East Java. The population used in this study are consumers who have purchased preloved clothing at the thriftshop, who visited within a period of 3 months. In this study, sampling used non-probability sampling, with a purposive sampling technique. The number of samples in this study was 70 respondents. The analysis tool used was multiple linear regression using the SPSS program. The results of the study were obtained from the results of the t-test that brand image, price and fashion lifestyle did not affect the decision to purchase preloved clothing. While the results of the F test together, both brand image, price and fashion lifestyle influenced the decision to purchase preloved clothing. The coefficient of determination seen in the adjusted R-squared value is 0.147 or brand image, price and fashion lifestyle influence the decision to purchase preloved clothing by 14.7%. The results of this study are expected to be a reference for thrift product business actors who will start a business or who are already in business.

 

Keywords: brand image, price, fashion lifestyle, purchasing decisions

 

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang keputusan pembelian pakaian preloved atau yang lebih dikenal produk thrift. Studi pada penelitian ini yaitu sebuah  thriftshop di kabupaten Malang Jawa Timur . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah membeli pakaian preloved di thriftshop, yang berkunjung dalam kurun waktu 3 bulan .Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling, dengan  teknik purposive sampling. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitan didapatkan dari hasil uji t bahwa brand image, harga dan fashion  lifestyle tidak berpengaruh terhdap keputusan pembelian pakaian preloved. Sedangkan hasil uji F secara bersama-sama baik brand image, harga dan fashion lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian preloved. Koefisien determinasi yang terlihat pada nilai adjusted R-squared adalah 0,147 atau brand image, harga dan fashion lifestyle mempengaruhi keputusan pembelian pakaian preloved  sebesar 14.7%. Hasil penelitian ini diharapkan bisa sebagai acuan bagi pelaku bisnis produk  thrift  yang akan mulai berbisnis maupun yang sedang berbisnis.

Kata Kunci : brand image, harga, fashion lifestyle ,keputusan pembelian

References


Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen pemasaran. Bandung: CV. Pustaka

Setia, 2015.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta, 2014.

Anang Firmansyah. 2018. Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Darwis, Edy Gufran. “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian mobil Toyota Avanza Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar”. Skripsi—Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

Fatimah, Fajar Nur’aini D. 2016, Teknik Analisis SWOT, Quadrant, Jakarta Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

Gutman, J. and Mills, M.K. (1982) Fashion Life-Style, Self-Concept, Shopping Orientation, and Store Patronage—An Integrative Analysis. Journal of Retailing, 58, 64-86.

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sumatera. Indonesia. Nisel, Rauf. 2001. "Analysis of consumer characteristics which influence the determinants of buying decisions by the logistic regression model", Logistics

Keller, Kevin. Strategic Brand Management, Building Measurement And Managing Brand Equity, NJ Person Education International, 2013.

Kotler, dan Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2016.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 2014.

Lady, Dask. (2019). Konsep Diri Pengguna Fashion Branded Preloved (Skripsi). Universitas Sumatera Utara, Program Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas

Malhotra, Naresh. 2014. Basic Marketing Research. Pearson Education: England.Preloved Di Thriftshop Online Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen @Rilyshop Di Kota Surabaya), Desember 2020.

Nisel, Rauf. 2001. "Analysis of consumer characteristics which influence the determinants of buying decisions by the logistic regression model", Logistics Information Management, Vol. 14 Iss: 3, pp.223 – 228

Rahmayanti, Ni’matur. Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen @Rilyshop Di Kota Surabaya), Skripsi, Desember 2020.

Ratih Kusumaningtyas, 2009 (2009) Kepercayaan Diri Remaja ditinjau dari Produk Fashion Bermerek yang Dipakai. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Sanawiri, Brillyanes & Mubarak Syaiful. ―Pengaruh Fashion Lifestyle Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Pakaian Second Hand @Tangankedua)‖, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 55, No. 3, Februari 2018.

Serdamayanti dan Hidayat, Syarifudin. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju, 2016.

Suciningtyas, Wulan. ―Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian‖. Management Analysis Journal, Vol 1, No 1, November 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D Bandung: Alfabeta, 2017.

Sri Mulyana, 2021 Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru, https://ejournal.kompetif.com/ Vol 7 No 2

Sweetly Jane Mongisidi, 2019, Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square), Jurna EMBA Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi ,Vol 7 No 3, https://ejournal.unsrat.ac.id/

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014. Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i2.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.