PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG KEKINIAN DI PANDAAN PASURUAN

Sarideco Oktoberisa, Lianita Widyaratna

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada warung kekinian w.w.w_foodsndrinks di Pandaan-Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menikmati produk makanan dan minuman di w.w.w_foodsndrinks Pandaan. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling . Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikoliniritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji hipotsis, uji t(uji parsial), uji f (uji simultan), koefisien determinasi (R2), uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan brand trust dan harga tidak berpengaruh secara parsial Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel brand image, brand trust dan harga terhadap keputusan pembelian pada warung kekinian  w.w.w_foodsndrinks di Pandaan-Pasuruan.

Kata kunci : Brand image, brand trust , harga , keputusan pembelian

 

 

Abstract

This study aims to determinine the Influence of Brand Trust, Brand Image and Price on Purchasing Decision in w.w.w_foodsndrinks modern shop in Pandaan-Pasuruan. This study used quantitative type. The population in this study is consumers who enjoy foods and beverage products at w.w.w_foodsndrinks modern shop Pandaan. The research sample was 100 respondents with purposive techniques. The data analysis technique used is using multiple linear regression using model tests (normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test), the hypothesis test used is the t test (partial test), f test (simultaneous test), the coefficient of determination (R2), . Based on the results of the study, it was found that brand image had an effect on purchasing decisions while brand trust and price had no effect partially. Meanwhile, simultaneously there was a significant influence between brand image, brand trust and price variables on purchasing decisions at w.w.w_foodsdrinks modern shop in Pandaan-Pasuruan.

Keywords : Brand Image, Brand Trust ,Price, Purchase Decision


References


Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian sepatu converse. Agora, 5(2).Ali Hasan, 2008, Marketing, Media Utama, Yogyakarta

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Persada

Bates, John E.G., Douglas Hoffman. 1999. Managing services marketing: Text and readings. Orlando : The Dryden Press Harcourt Brace College Publisher.

Berman, Evans, & Chatterjee. 2018. Retail Management: A Strategic Approach, Global Edition. Edisi 13. New Jersey: Pearson.

Delgado, Elena and Manuera. “Does Brand Trust Matter to Brand Equity?”, The Journal of Product and Brand Management, 2005.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Cetakan kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goswami, M. M. (2014). Store Atmospheric Factors Driving Customer Purchase Intention - An Exploratory Study. Journal Of Management Research Volume 6 No 2, 111 - 117.

Intan Ali dkk ,2019 . Dampak Brand Image, Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus (Studi Pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre Di Kabupaten Lumajang). Jurnal Progress STIE Widya Gama Lumajang

Kotler, Philip dan G. Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1. Edisi 13. Terjemahan Bob Sabran. MM. Jakarta: Penerbit Erlangga. 47

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta: Penerbit Indeks.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Mamahit, Philius. "Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado." Jurnal berkala ilmiah efisiensi 15.5 (2015).

Musay, F. P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen kfc kawi malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Muzammil Ilmi Listighfaroh,2019 Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya, Jurnal , Universitas Wijaya Putra Surabaya

Purnama, A. D., Thalib, S., & Nawasiah, N. (2021). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA (PRICE) PADA MOBIL HONDA BRIO (Studi Empirik pada Pengguna Mobil Honda Brio di Pondok Indah, Jakarta Sekatan). JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(1), 56-68.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2008. Analisis Jalur: Path Analysis, Edisi 2. Bandung: Alfabeta.

Riduwan dan Sunarto. 2014. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis: Lengkap Dengan Aplikasi SPSS 14. Bandung: Alfabeta.

Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty teh botol sosro survei konsumen teh botol sosro di food court itc cempaka mas, jakarta timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-17.

Ramadhani, H., Supeni, R. E., & Setianingsih, W. E. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina Di Masa Pandemi Covid-19. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 402-409.

Sanusi, Anwar. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta:Salemba Empat.

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi: Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS, Edisi pertama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT

Indeks

Suganda, Gita. PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEVISI SAMSUNG DI TOKO HARTONO ELEKTRONIK SURABAYA. Diss. Universitas Narotama, 2021.

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. “Service Quality Satisfaction”. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 8(1).

Wirdaini, M. (2018). Pengaruh brand image, brand trust, promosi dan word of mouth terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen toko online muslimarket. com di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah).




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.