Pengaruh Harapan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Perumda Tugu Tirta Kota Malang

Mastotok Illah, Handik Purwantoro, Gufron Gufron

Abstract


Abstract

This research aims to examine the influence of customer expectations and service quality on customer satisfaction. The population in this study were customers from the Tugu Tirta Malang City. The sampling technique in this research is nonprobability sampling and the sampling technique in this research is accidental sampling. The sample in this research was 100 customers of Perumda Tugu Tirta, Malang City. Independent variables include customer expectations and service quality, while the dependent variable is customer satisfaction. Data analysis was carried out using regression techniques to assess the extent to which these independent variables can predict customer satisfaction. The results of this research show that the customer expectation variable has a positive and significant effect on customer satisfaction. Meanwhile, the service quality variable also has a positive and significant effect on customer satisfaction.

Keywords: customer expectations, service quality, customer satisfaction

 

            Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Harapan Pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan dari perumda Tugu Tirta Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dan Teknik sampling dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan Perumda Tugu Tirta Kota Malang  sebanyak 100 responden. Variabel independen meliputi Harapan Pelanggan dan kualitas pelayanan, sementara variabel dependen adalah Kepuasan pelanggan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk menilai sejauh mana variabel-variabel independen tersebut dapat memprediksi Kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harapan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap  Kepuasan pelanggan.

 

Kata kunci : harapan pelanggan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

J Arifin. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, , 2010 “Principle op Marketing”, Edisi ke-13, Global edition, Pearson Education Limite, Inc., New jersey

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi12.Jakarta:Erlangga.

perumdatugutirta.co.id

Philip dan Gary Armstrong, 2010. “Principle op Marketing”, Edisi ke-13, Global edition, Pearson Education Limite, Inc., New jersey.

Sugiono, , 2009 “Metode Penelitian Bisnis”, Cetakan ke Tiga Belas, Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy, 2014 .“Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian” C.V Andi Offset, Yogyakarta,.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v7i1.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.