Pengaruh Kesejateraan Pegawai, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang

Sri Dwiningsih, Fatkur Rohman

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of Employee Welfare, Job Satisfaction, and Organizational Commitment on Employee Performance at the Malang City Environmental Service. The method used by the author in conducting this research is descriptive analysis method and multiple linear regression analysis. Data processing was carried out using IBM SPSS STATISIC 21. The population of this study were daily employees of the Malang City Environmental Service with the number of samples taken according to the researcher's criteria of 67 employees. The results of the partial study of the Employee Welfare variable have a significant effect on Employee Performance, the Job Satisfaction variable has no significant effect on Employee Performance, and the Organizational Commitment variable has no significant effect on Employee Performance at DLH Malang City, simultaneously the variable Employee Welfare, Job Satisfaction, and Organizational Commitment has a significant effect on employee performance at DLH Malang City.

 

Keywords: Employee Performance, Employee Welfare, Job Satisfaction, and Organizational Commitment


Full Text:

PDF

References


Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.

Almeida, N., & Perera, G. D. N. (2015). The impact of welfare on job satisfaction among non managerial employees in the apparel industry in Sri Lanka. Proceedings of International HR Conference, 2(1).

Anwar, P. M. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Arikunto, Suharsimi.(1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fahmi, I. (2015). Manajemen Kinerja, Cetakan Keempat. Cv. Alfa Beta. Bandung. Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.

Handoko, T. H. (2016). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Bpfe. Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen Sumber Manusia. Edisi Revisi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Hogantara, A., & Sintaasih, D. K. (2015). Pengaruh tingkat kesejahteraan, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Aroma Spa, Sanur Denpasar. J. Manajeman, 4(2), 336–354.

Husnan, S. (2005). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas Ed: 4. Yogyakarta (ID): Penerbit Dan Percetakan UPP STIM YKPN.

Imam, G. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN, 979(015.1).

Jewell, L. N., & Siegall, M. (1998). Psikologi Industri. Organisasi Modern. Kasmir, K., & SE, M. M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior An Evidence-Based Approach Twelfth Edition. mc ggaw hill.

Luthans, F. (2012). Perilaku Organisasi (VA Yuwono dkk) Yogyakarta. Penerbit Andi. Mangkunegara,

A. P., & Prabu, A. (2014). Manajemen Sumber Daya. Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manullang, R. (2009). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN SIKAP KOPERATIF DENGAN KINERJA GURU SMK SWASTA TELADAN MEDAN. UNIMED.

Moorhead, G., & Griffin, R. W. (2013). Perilaku organisasi: Manajemen sumber daya manusia dan organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mutiara, S. (2010). Panggabean,(2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor, Penerbit: Ghalia Indonesia.

Panggabean, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 2). Tangerang Selatan: Univertitas Terbuka.

Prestawan, A. (2010). Hubungan antara kepuasan kerja dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja karyawan asuransi jiwa bersama Bumiputera Surakarta.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan & pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta. Priansa, D. J. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM. bandung: Alfabeta. Rikiawan, I. N. (2013). dkk.

“Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Karyawan AJB Bumiputera Kantor Cabang Batu).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Rivai, V. (2009). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik. Rajawali Pers.

Rivai, V. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku organisasi, Jakarta: salemba empat.

Ruky, A. S. (2011). Sistem Manajemen Kinerja, Bumi Aksara. Jakarta. Sedarmayanti. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Malang: UB press. Silvister, R. (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi

Terhadap Kinerja Karyawan PT. Jasa Baru Utama Perkasa Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

Soekidjan, S., & Kj, S. (2009). Komitmen organisasi sudahkah menjadi bagian dari kita. Jakarta: Rineka Cipta, 4(1), 1–18.

Sopiah, S. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamart. Universitas Mercu Buana.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.

Sugiyono, S. (2004). Pengaruh pembinaan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pengalaman diklat terhadap kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Madura di SDN Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1).

Sulistiyani, A. T. (2019). Manajemen sumber daya manusia: konsep, teori dan pengembangan dalam konteks organisasi publik.

Sunarsih, N. (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Administrasi Universitas Terbuka. Laporan Penelitian Madya Bidang Ilmu Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sutrisno, E. (2010). Budaya Organisasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Umam, K. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia. IJAEMS.

Umar, H. (2001). Riset SDM Dalam Organisasi Husein Umar. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi, S., Komang, N., & Sudibya, I. G. A. (2016). Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional pada kinerja karyawan di natya hotel, Kuta Bali. Udayana University.

Wibowo, M. K. (2011). Edisi 3, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.2842–2870.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.