Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Pengalaman Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee

Lianita Widyaratna, Handik Purwantoro, Vero Nathalniel Pamikiran

Abstract


This study aims to determine the effect of marketing communications and marketing experience on purchasing decisions on the Shopee marketplace, partially or jointly. The population in this study were Class C Students of STIE Kertanegara Malang Class of 2020 – 2022. The sampling technique used non-probability sampling with purposive sampling technique. The sample used in this research was taken using the Slovin Formula and found 55 respondents. The method used in this study is a quantitative research approach method. This study used multiple linear regression analysis with data collection using a questionnaire with a Likert scale. The results of the study partially using the t test show that marketing communications and marketing experience have an effect on purchasing decisions. For research results simultaneously or together marketing communications and marketing experience also influence purchasing decisions on the Shopee marketplace by 43.5%.

Keywords: Marketing Communication, Marketing Experience, Purchase Decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  komunikasi pemasaran dan  pengalaman pemasaran   terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee , secara sebagian maupun bersama-sama.  Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STIE Kertanegara Malang kelas C Angkatan 2020 - 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan  teknik purposive sampling.  Sampel yang digunakan dalam penelitan ini diambil menggunakan Rumus Slovin didapatkan 55 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian secara sebagian menggunakan uji t  menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran dan  pengalaman pemasaran bepengaruh terhadap keputusan pembelian. Untuk hasil penelitian secara simultan atau bersama-sama komunikasi pemasaran dan  pengalaman pemasaran juga    berpengaruh terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee sebesar 43,5%.

Kata kunci:  Komunikasi Pemasaran, Pengalaman Pemasaran  ,  Keputusan Pembelian

 


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Ahmaddien, I., & Syarkani, Y. (2019). Statistika Terapan dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press.

Anjarsari, V., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Telkom Angkatan 2016). eProceedings of Management, 8(5).

Astari, W. F., & Pramudana, K. A. S. (2016). Peran experiential value dalam memediasi pengaruh experiential marketing terhadap repurchase intention. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(1), 16-30

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Bintoro, B., Yuniawan, A., & Sukresna, I. M. PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Produk Bubur Bayi Promina di Carrefour Wilayah Jakarta Selatan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 15(01), 24-33.

Chasanah, R. N., Muzammil, O. M., & Rowena, J. (2018, September). Pengaruh experiential marketing terhadap Keputusan pembelian konsumen generasi millenial Pada platform e-commerce. In National Conference of Creative Industry

Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung: Linda Karya.

Finanda, I. R., & Wiwaha, A. (2017). Effect of Mouth wordsand Brand Image on Decisions on the Use of Beauty Salons on Miloff Beauty BAR Consumers. STIE Jakarta International College.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, T.S., 2017, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Obat Pada Pos Kesehatan Desa Wonoanti, Speed Journal - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 11 No 4 - 2014 - ijns.org

Hair, J.F. 2006. Multivariate Data Analysis. Edisi 5. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan. Hidayatul Quran Kuningan

Iqbal, M., & Asniar, I. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION (Studi Pada Mahasiswi angkatan 2017-2018 Fisipol Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Lampung Tahun 2020). INTERCODE, 1(1).

Irna Ribuna. (2017). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Transportasi Bus Trans Jogja di Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Juliati, R., & Restuti, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Persepsi Resiko, Kepercayaan Konsumen, Dan Keputusan Pembelian Pada Online Shop (Studi Pada Masyarakat Kota Pekanbaru). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 8(3).

Karmila, A. (2020). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, dan Keller, Lane, Kevin. 2016. Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisaso, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Mustafid. Aan Gunawan. 2008. “Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Kripik Pisang “Kenal” Pada Pd Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung”. Jurnal Bisnis dan Manajemen/ Volume 4. No.2.

Mullins, John W & Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management A Strategic Decision-Making Approach. (8th Edition). Singapore : McGraw Hill Education.

NANDA, N. S., Wasito, S. E., & MSIE, P. I. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Pengalaman Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manejemen Angkatan 2015 Dan 2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Nur Iman,2021, Pengaruh Experience Marketing, Kepercayaan Konsumen, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keinginan Beli Ulang Konsumen Pada Marketplace Shopee, Skripsi, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

CV Alfabeta.

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.

SM, N. R., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2016). Analisis Faktor-faktor Experiential Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Legend Coffee Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality & Satisfaction.

Yogyakarta: Andi.

Widianita, K. A. (2020). Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Undiksha (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha)

Winda, R., & Myrna Sofia, S. E. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kerupuk Siput Gong-Gong Cv. Kyria Rezeki. Pengaruh Experiential Marketing Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kerupuk Siput Gong-Gong Cv. Kyria RezekI, 1-16.

Yusuf, Muri, A. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i1.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.