Analisis Perilaku Konsumtif Terhadap Daya Beli Saat Flash Sale Shopee

Muzdalifah Ifahmuzda, Agus Purnomo

Abstract


Advances in information technology cause changes in all aspects of life, one of which is in the aspect of trade, buying and selling trade can be done online, one of the online shopping media is shopee. The purpose of this study is to analyze consumptive behavior towards purchasing power during shopee flash sales. The type of research used is a qualitative approach with primary and secondary data sources with three active shopee user speakers, using data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. And using data analysis techniques in the form of descriptive data analysis techniques.


Keywords—Consumen Behavior, Purchasing Power, Flash Sale Shopee

 

Kemajuan teknologi informasi menyebabkan perubahan pada semua aspek kehidupan salah satunya dalam aspek perdagangan, perdagangan jual beli dapat dilakukan secara online salah satu media belanja online adalah shopee. Tujuan peneletian ini adalah untuk menganlisis perilaku konsumtif terhadap daya beli saat flash sale shopee. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dengan tiga orang narasumber pengguna shopee aktif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik analisis data berupa teknik analisis data deskriptif


Kata kunci— Perilaku Konsumtif, Daya Beli, Flash Sale Shopee

Full Text:

PDF

References


Ana Sopanah, Dwi Anggarani, dan Khojanah Hasan. 2021. Isu Kontemporer dan Bisnis, Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Mohammad Yasin dan Sri Eticawati. 2007. Ekonomi Pelajaran Ips Terpadu Untuk Smp Kelas VIII, Geneca Exact, Jakarta.

Laila Meiliyandrie Indah Wardani dan Ritia Anggadita. 2021. Konsep Diri dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit NEM

Setyo Tri Wahyudi dkk. 2022. Dinamika Ekonomi Pandemi & Perubahannya di Jawa Timur, UB Press, Malang.

Bobby Hartanto dan Leni Indriyani. Minat Beli di Marketplae Shopee. PT Inovasi Pratama Internasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v6i1.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.