Analisis Penilaian Kinerja (Keuangan dan Non Keuangan) Pada SPBU Coco Nomor 51.651.16 Raya Langsep Kota Malang Dengan Pendekatan Balance Scorecard

Mas Totok Illah, Efka Riza

Abstract


This study aims to analyze financial and non-financial performance at COCO SPBU NUMBER 51.651.16 RAYA LANGSEP MALANG CITY (also called COCO gas station 51.651.16). This performance appraisal analysis uses the Balanced Scorecard approach which includes a financial perspective, a customer perspective, an internal business process perspective as well as a growth and learning perspective. The data used in this study are primary and secondary data. The primary quantitative data were obtained through customer satisfaction surveys and interviews with the COCO gas station manager51,651.16. Qualitative secondary data obtained from gas station documents, internet, and literature studies, as well as consumer and employee satisfaction questionnaires were analyzed through validity and reliability tests. The success of COCO gas stations 51,651.16 used the Balance Scorecard approach from a financial perspective with a performance percentage of 87.5%. Perspective customers with a performance percentage of 87.5%, an Internal business perspective with a performance percentage of 100%, as well as a growth and learning perspective with a performance percentage of 90%.

Keywords: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective and growth and learning perspective.


Full Text:

PDF

References


Blocher, E. J., D. E. Stout dan G. Cokins. 2011. Cost Management: A

Strategic Emphasis, 5th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Ciptani, M. K. 2000. Balance ScorecardSebagai Pengukuran kinerja Masa

Depan: Suatu Pengantar. Jurnal akuntansi dan keuangan, Vol.2, No.1, (Online http://puslit.petra.ac.id/journals/accounting/, diakses tanggal 24 Oktober 2012).

Eko Sujianto, Agus. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Gaspersz, V. 2005.Sistem Manajemen kinerja Terintegasi Balance Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hansen, D. R., dan M. M. Mowen. 2009. Accounting Managerial, 8th ed.

Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, S. S. 2011. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasan Iqbal, M. 2002. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irawan, A.W. 2006. Persiapan Balance Scorecard Sebagai Instrumen

Pengukuran kinerja Pada Pengelolaan Usaha Kecil (Studi Kasus: PP. Kecap

Maja Menjengan, Majalengka).

Kaplan, R. dan D, Norton. 1996. The Balance Scorecard Translating

Into Action. Edisi satu. United States of America: Harvard Business

Press.

Kotler, P. 2000. Marketing Management 10th edition.Jakarta: PT Indeks.

Kurniati, S.S. 2009. Analisis kinerja Pelayanan Jasa Pest Control Pada PT

AGRION PUTRA CITRA OPTTIMA Aplikasi Konsep Balance Scorecard.109

Manahan , P.T. 2005. Manajamen Keuangan (Finance Management)

Konseptual, Problem dan Studi Kasus. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Martono dan D. A. Harjito. 2008. Manajemen Keuangan.Yogyakarta:

EKONISIA

Martono, N. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Mulyadi.2007. Sistem Terpadu Pengelolaan kinerja Personel Berbasis Balance Scorecard.Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

any, M., L. Raharjo dan K. W. Handini. 2008. Penerapan Balance Scorecard Sebagai Pengukur kinerja Manjemen Pada Rumah Sakit Umum Daerah Indramayu (The Application of Balanced Scorecard as Performance Measurement at District Hospital of Indramayu). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol.4 No.1, hlm. 48-56.

Puspita, K. T. 2007. Perancangan Balance ScorecardSebagai Instrumen

Pengukuran kinerja Pada PT UNITEX, Tbk. Skripsi Tidak Dipublikasikan,

Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian, Bogor.

Putrayasa, M. A. 2011. Pengukuran kinerja ditinjau dari Empat perspektif

Balance Scorecard Pada Koperasi Mertha Yasa Di Desa Penarungan.

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.7 No. 3.

(Online,http//p3m.pnb.ac.id/document/jurnal/1335944667_Putrayasa.pdf, 15 Desember 2012)

Rangkuti, F. 2011. SWOT Balance Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola kinerja dan risiko. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang

Tepat untuk Menilai kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing

Perusahaan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.110

Sipayung,F. 2009. Balance Scorecard: Pengukuran kinerja Perusahaan dan Sistem Manajemen Strategis. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.2, No.1, (Online, http//usupress.usu.ac.id/files/Jurnal Manajemen Bisnis Vol_2 No_1 Jan 2009, 24 Oktober 2012)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah.2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu: Yogyakarta

Yuwono, S. E. Sukarno, M. Ichsan. 2004. Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus Pada Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zudia, M. 2010. Analisis Penilaian kinerja Organisasi dengan Menggunakan Konsep Balance Scorecard Pada PT Bank Jateng Semarang

Website Pertamina, Dokumen Laporan Tahunan (Annual Report) PT. Pertamina (Persero) Tahun 2017 – 2019 . www.pertamina.com




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v4i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.