PEMBERDAYAAN PERANGKAT DESA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN ADMINISTRASI DESA BERBASIS IT

Riyanto Setiawan, Syaifuddin Fahmi

Abstract


Tema pengembangan Sumber Daya Manusia akhir-akhir ini memang menjadi fokus perhatian, khususnya bagi program studi Manajemen. Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat beberapa negara khususnya Indonesia harus bekerja ekstra keras untuk menyiapkan masyarakatnya menjadi “melek teknologi”. Terlebih lagi bagi penyelenggara negara atau pelayan publik, tidak bisa di elakkan bahwa unsur kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan menjadi salah satu barometer kinerja, sehingga kehadiran teknologi akan sangat membantu dalam menyelesaikan beberapa permasalahan dan kendala dalam pelayanan. Kelurahan Tulus Rejo, Kecamatan Lowok Waru Malang menyadari akan pentingnya pengembangan SDM  khususnya bagi pegawai kelurahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Untuk itu Kelurahan Tulus Rejo bekerjasama dengan STIE Kertanegara Malang menyelenggarakan kegiatan pelatihan sistem administrasi pelayanan masyarakat berbasis IT. Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini sistem pelayanan administrasi di Kelurahan Tulus Rejo diharapkan dapat berjalan lebih cepat, dan efektif sehingga mesyarakat dapat terlayani dengan baik.

 


Full Text:

PDF

References


Eko Prastowo, Dwi. 2012. Pengantar Administrasi Pemerintahan Desa. Malang: Bayumedia Publishing.

Trihatmanto, Agus. 2014. Administrasi Pemerintahan Desa. Malang: Bayumedia Publishing.

Sidik, M. 2016. Pengelolaan Administrasi Desa. Malang: Bayumedia Publishing.

Agus Trihatmanto. 2018. Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dalam Pengelolaan Administrasi Desa. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol. 6, No. 1, pp. 1-13.

Dwi Eko Prastowo. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Administrasi Desa. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 18, No. 1, pp. 1-12.

M. Sidik. 2022. Sosialisasi Sistem Administrasi Desa kepada Masyarakat. Jurnal Ilmu Politik, Vol. 20, No. 1, pp. 1-12.

Website Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. https://kemendagri.go.id/

Website Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. https://www.bps.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v1i2.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional