STRATEGI PEMASARAN MODERN BASO ACI QIARA PORONG: INOVASI KEMASAN DAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL

Fahreza Eka Faradisha, Afifatus Sholikhah, Ifta Takhul Laiya, Fadia Agustina Hanum, Ilfi Nurrahma, Hanum Roudhotul Chilmi

Abstract


ABSTRACT

Technological developments that continue to develop influence the use of digital marketing or marketing strategies. The development of social media is currently used as a tool to market a product. In order for a product to be widely accepted and felt by customers, the product must have distinctive characteristics, one of which is the product packaging. In order to keep up with the times, business actors must promote their products on social media and innovate their products, especially in their packaging. This is done to increase product sales. However, there are still many business actors who have not implemented this. The method used is educational outreach on the use of social media and packaging innovations that are attractive and environmentally friendly. The result was an increase in product sales after applying the use of social media and packaging innovations that were attractive and environmentally friendly. This research can increase product sales. It is recommended for all business owners to be more active in using social media as a medium for selling products. And continue to make other innovations on products.

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang terus berkembang mempengaruhi penggunaan strategi digital marketing atau pemasaran. Perkembangan media sosial saat ini digunakan sebagai alat untuk memasarkan suatu produk. Agar produk dapat diterima dan dirasakan oleh pelanggan secara luas, produk harus memiliki ciri khas salah satunya pada kemasan produk. Dalam mengikuti perkembangan zaman, maka dari itu bagi para pelaku usaha harus melakukan promosi produk pada sosial media dan melakukan inovasi produk terutama pada kemasannya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk. Akan tetapi, masih banyak pelaku usaha yang belum menerapkan hal tersebut. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan edukasi pemanfaatan penggunaan sosial media dan inovasi kemasan yang menarik dan ramah lingkungan. Hasilnya terjadi peningkatan pada penjualan produk setelah mengaplikasikan penggunaan sosial media dan inovasi kemasan yang menarik dan ramah lingkungan. Penelitian ini dapat meningkatkan penjualan produk. Disarankan untuk semua pemilik usaha agar lebih aktif dalam penggunaan sosial media sebagai media untuk penjualan produk. Dan terus melakukan inovasi-inovasi lain terhadap produk.

 

: Strategi Pemasaran, Inovasi, Teknologi Digital



Full Text:

PDF

References


Akbarina, F. (2018). Pengantar Bisnis.

Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904-2910.

Badri, R. E., Pratisti, C., & Putri, A. S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347-353.

Budiman, D. F., Yuwono, E. C., & Yusuf, V. (n.d.). Perancangan Desain Kemasan Produk Toko Kue Kering "Dewi" Semarang.

Chriswardana Bayu Dewa, & Lina Ayu Safitri. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie)). 12, 65-71.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17-22.

Hia, A. M., Ali, H., & Sumartyo, F. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan : Analisis Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk dan Kepuasan Konsumen (Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(2), 368-379. doi:https://doi.org/10.38035/jim.v1i2

Khotimah, K. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mirai Management, 8(1), 227-246.

Klimchuk, M., & Krasovec, S. A. (2006). Desain Kemasan.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13.

Mardia, M., Hutabarat, M., Simanjuntak, M., Sipayung, R., Saragih, L., Simarmata, H., & Weya, L. (2021). Strategi Pemasaran.

Menengah, K. N. (2009). Pedoman Standar Kelayakan Kemasan Produk KUKM.

Nadya, R., Poetri, D., Putri, T. N., Caroline, N. M., Susanto, T., Valentino, N., & Utami, G. I. (2021). Strategi Promosi Pada Media Digital / Online. 3, 61-65.

Nurendah, Y., & Mekaniwati, A. (2020). Inovasi Kemasan Dan Pemasaran Berbasis Teknologi Kunci Pengembangan Produk UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 21-34.

Rustami, P., Kirya, I. K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-9.

Sholikhah, A., Kamila, E. R. ., & Muzani, A. (2024). Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin untuk Peningkatan Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual di Ponpes Nurul Ikhlas. 2(1), 31-36. doi:https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1159

Sri Lindawati, & Muhammad Hendri, J. H. (2020). Pemasaran Digital.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di "Mas Pack" Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.

Yulianti. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v2i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional