PENDAMPINGAN UMKM DALAM MEMANFAATKAN APLIKASI GOBIZ SEBAGAI SARANA PEMASARAN DIGITAL

Dwi Dayanti Oktavia, Peni Indarwati

Abstract


Abstract

This service activity provides assistance to MSMEs regarding the use of digital marketing through the Gobiz Application in Kutorejo Village, Pandaan District, Pasuruan Regency. Problems in product marketing during the Covid-19 pandemic can be solved, one of which is by utilizing the Gobiz Application in the marketing process. The method used is to introduce MSME players to the Gobiz application which is useful for circulating information online about the use or consumption of products in order to grab the attention of consumers and thus create profits. Utilization of Gobiz media has created new markets for products and fostered new creativity for MSME players.

Keywords : Gobiz, Digital Marketing.

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini memberikan pendampingan kepada UMKM mengenai pemanfaatan digital marketing bagi melalui Aplikasi Gobiz di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Permasalahan dalam pemasaran produk selama masa pandemi Covid-19 dapat diselesaikan salah satunya dengan memanfaatkan Aplikasi Gobiz dalam proses pemasaran. Metode yang digunakan adalah dengan memperkenalkan pelaku UMKM dengan aplikasi Gobiz yang bermanfaat untuk mengedarkan informasi secara online tentang penggunaan atau konsumsi produk agar dapat meraih perhatian konsumen sehingga menciptakan profit. Pemanfaatan media Gobiz telah menciptakan pasar baru bagi produk dan memupuk kreatifitas baru yang dimiliki oleh pelaku UMKM.

 

Kata Kunci : Gobiz, Pemasaran Digital

 


Full Text:

PDF

References


Amiroh, I., Rahayu, D. R., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Serta Pendampingan Manajemen Usaha Pada Umkm Angkringan Kms Di Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pemantik, 1(2), 154-168.

Mario Damar, A. (2020). Permudah Pelaku UMKM Go Digital, Gojek Buka Fitur Daftar Mandiri di GoBiz. 16 Sept 2020.

https://www.liputan6.com/tekno/read/4357 171/permudah-pelaku-umkm-go-digitalgojek-buka-fitur-daftar-mandiri-di-gobiz.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Pratnyawan, A. (2020). Dukung UMKM di Indonesia, Gojek Kenalkan Super App GoBiz. 15 September 2020.

https://www.hitekno.com/internet/2020/09/ 15/143023/dukung-umkm-di-indonesiagojek-kenalkan-super-app-gobiz.

Parameswari, R., Silaswara, D., Ginny, P. L., Kusnawan, A., & Anggraeni, R. D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Gobiz dan Grab Merchant untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Dimasa Pandemik Covid19. Abdi Dharma, 2(1), 11-14.

Rahmi, N., Maula, N., Nasti, N. N., Adilla, H., Fadhillah, M. A., Falla, C. Z., & Siregar, M. I. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(2), 64-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v2i1.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional