PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN PERAN PEMUDA DALAM BERWIRAUSAHA DITENGAH MASYARAKAT

Handik Purwantoro

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul Pelatihan Manajemen Organisasi Untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam Berwirausaha  di tengah Masyarakat. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan penyuluhan serta tanya jawab akan arti pentingnya meningkatkan kualitas serta peran serta pemuda dalam berusaha di tengah masyarakat. Pemuda sangat dituntut beradaptasi dengan cepat dalam mengahadapi perubahan yang terjadi dalam masyrakat untuk dapat terus berdaptasi. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung dari bulan 5 - 18 Februari 2022 dan terdiri dari tiga tahapan kegiatan. Tahapan pertama yaitu tahap persiapan dalam melakukan survey lokasi mitra, peserta kegiatan dan penyusunan materi. Tahap kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi pemberian ceramah materi Pelatihan Manajemen Organisasi Untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam berwirausaha Di tengah Masyarakat. Tahap ketiga yaitu evaluasi antara lain untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang     diberikan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para generasi muda RW 10 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang antusias dalam menerima ilmu baru dan aktif melakukan tanya jawab mengenai bagaimana cara mengimplementasikan Manajemen Organisasi Untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam Berwirausaha Di tengah Masyarakat.

Kata Kunci : Manajemen Organisasi, Peran Pemuda,Wirausaha


Full Text:

PDF

References


DAFTARPUSTAKA

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., &Tarwijo,T.(2021).PelatihanPerencanaan Kewirausahaan HidroponikDanPenguatanKelembagaanSantripreneurDiPesantrenAlWafiIslamicBoardingSchoolPengasinanDepok. AbdiLaksana:JurnalPengabdianKepadaMasyarakat, 2(1),154-160.

Herawati, Nur Rafida. Kurniasih, Rini. 2012.KonsepDasarOrganisasiDefinisi,Tujuan Dan Proses. Universitas SebelasMaret: Surakarta.

Isfardiyana,SitiHapsah.RianiLevianaAnggitaSari.2014.PelatihanManajemenOrganisasipadaRemajaDusunKenaibandanPencil,DesaKenaiban,Juwiring,Klaten,JawaTengah.JurnalInovasidanKewirausahaan.3(2): 141-145

Jumawan.2015.MengembangkanSumberDayaManusiayangStrategisuntukMenunjangDayaSaingOrganisasi.MediaMahardika.

KaipaP&MilusT.2005.SoftSkillsareSmartSkills.

Kasmir (2006). Kewirausahaan. Penerbit: Rajasagrafindo Persada. Jakarta

Peraturan Menteri Sosial Republik IndonesiaNomor 25 Tahun 2019 Tentang KarangTaruna.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi,M.,&Apriansyah,M.(2020).PenumbuhanWirausahaBaruPada MajelisDa’wah Al’adni. Abdi Laksana:JurnalPengabdianKepadaMasyarakat,1(2).

Tarmuji Tarsis (1996). Prinsip-Prinsip Wirausaha. Penerbit: Liberty, Yogyakarta.

Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan




DOI: http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v1i2.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional