Implementasi Bauran Promosi dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan perusahaan (studi kasus pada pd CV Tunas Abadi Kota Malang)

Dedy Musthafa

Abstract


CV. Tunas Abadi merupakan salah satu perusahaan yang konsisten menggunakan alat promosi yang bersifat tradisional dengan memanfaatkan tenaga penjualan untuk menawarkan produk perusahaan secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan implementasi dan implikasi dari Implementasi bauran promosi dalam upaya meningkatkan pendapatan perusahaan di CV. Tunas Abadi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mencari suatu uraian yang menyeluruh dan teliti terhadap implementasi bauran promosi pada CV Tunas Abadi Malang. Subjek penelitian ini terdapat 4 informan. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data. Adapun data diperolah melalui teknik wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sedangkan analisa data melalui empat tahap, yaitu : reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa oleh CV. Tunas Abadi Malang menerapkan bauran promosi berupa periklanan, personal selling, hubungan masyarakat, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Adapun implikasi implementasi bauran promosi tidak semua kombinasi memiliki dampak besar bagi perusahaan. Selain itu, CV Tunas Abadi melakukan strategi untuk meningkatkan efektifitas penerapan bauran promosi.

Full Text:

PDF

References


Apjii.or.id diakses pada 15 Februari 2019 21.30 WIB

Dewi, Ni Putu Winda Purnami, dkk. 2015. Analisis Bauran Promosi Kopi Luwak di UD Cipta Lestari Desa Pujungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata hlm. 298-306

Economy.okezone.com diakses pada 14 Februari 2019 20.54 WIB

Fahmi, S. 2015. Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran Pada PT. Hapeel Pharmindo, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, vol.2 No.3, https://doi.org/10.31843/jmbi.v2i3.59.

Kottler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.

McCarthy, E. Jerome., & William D. Perrault, JR. (1996). Dasar-Dasar Marketing. Jakarta: ERLANGGA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. (1984). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.