Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen Menginap di Grand Q Hotel Kota Gorontalo

Hapsawati Taan, Zulfia K Abdussamad, Indra Palangka

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  dan menguji pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap keputusan menginap di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Metode penelitian jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi tidak diketahui dalam jumlah yang pasti (infinity). Penggunaan teknik sampel yang di pilih adalah penarikan sampel Accidental Sampling. Metode Pengumpulan data menggunakan kuesioner jumlah sebanyak 96 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Sedangkan lokasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan menginap di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Saran sebaiknya manajemen hotel senantiasa memperhatikan fasilitas  hotel karena sebagian  pengunjung merasakan bahwa fasilitas yang tersedia masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki, serta  pentingnya lokasi parkir yang luas.

Kata Kunci: Fasilitas, Lokasi, Hotel

Full Text:

PDF

References


Annishia, Fristi dan Prastiyo, eko, 2019. Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal hospitality dan pariwisata. (online). Vol.4. No.1. Januari 2019 pp:1-85. (http://journal.ubm.ac.id diakses 19 oktober 2019)

Buchari, Alma, (2008), Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung, Alfabeta

Caesari, Septia, dkk, 2015. Analisi Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Menginap Di Hotel Puri Saron. Journal Of Social And Political Of Sience. (online) 2015 pp:1-11. (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php diakses 19 oktober 2019)

Castro, Conceciao 2018. Online hotel ratings and its influence on hotel room rates: the case of Lisbon, Portugal. Journal Tourism & Management , (online) PP:63-72 (https://www.researchgate.net/publication/ diakses 19 oktober 2019)

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Yogyakarta

Heizer, Jay, (2001), Prinsip-Prinsip Manajemen Oprasi, Operations Manajement, Jakarta, Selemba Empat

Hendra Fure, 2013, Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Celaca, Jurnal EMBA,(online). 2013. Vil.1 No.3. (https://ejournal.unsrat.ac.id diakses 19 oktober 2019)

Lopies, Alfredo, dkk. 2016. Analisa Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memutusakan Untuk Menginap Di Green Hotel Di Surabaya. Jurnal hospitality dan pariwisata. (online) Vol.2 No.4.(http://journal.ubm.ac.id diakses 19 oktober 2019)

Kotler, Philip and Amstrong Gery, 2013, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, : Erlangga

Kotler, Philip and Keller, Lane Kevin, 2016, Marketing Management, 15th Edition New Jersey : Person Pretice Hal, inc.

Martanti, 2006, Metode Penelitian, BPFE, Yogyakarta

Mambruroh (2016), analisis keputusan menginap di hotel syariah berdasarkan harga kualitas pelayanan dan lokasi pada pelanggan hotel syariah di surakarta, Jurnal Of Management (online). 2016

Mimi SA, 2015, Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Ranch Market, Jurnal Ekonomi (online) 2015. Voll.22 No.1 (https://ecojoin.org/index. diakses 19 oktober 2019)

Pristanto dkk, 2012. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhii Keputusan Menginap Pada Hotel Bintang Mulia Jember. Jurnal EMBA (online). 2012 pp:1-6. (http://repository.unej.ac.iddiakses 19 oktober 2019)

Payne, Adrian, (2014), Pemasaran Jasa, The Essense Of Service Marketing , Andi Yogyakarta.

Soeprihanto, 2009, Pengantar Bisnis : Dasar Dasar Sumber Daya Perusahaan, Edisi 5, Liberty

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sulastiyono, Agus, 2013, Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Alfabeta, Bandung

Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian), Yogyakarta : Andi Offset.

------, Fandy, 2015, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi, Yogyakarta

Yazid, (2009), Pemasaran Jasa Konsep DanImplementasi, Ekonisia, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.