Implementasi Bauran Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Bangunan Tunggal Tata di Tuban Jawa Timur

Siti Lailatuz Zahro', Fani Firmansyah

Abstract


Abstrak

            Material merupakan bahan baku yang mendukung proses pembangunan infrastruktur yang  menyebabkan munculnya bisnis dalam bidang material bangunan, maka banyak pesaing muncul sehingga diperlukan bauran promosi dalam mempertahankan maupun meningkatkan jumlah penjualan. Bauran promosi mempunyai enam elemen yaitu Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct marketing, Public Relation and Publisity, Word of Mouth. Pada saat ini toko bangunan Tunggal Tata berkembang pesat dengan jumlah volume penjualan yang meningkat, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana implementasi bauran promosi yang dilakukan oleh toko bangunan Tunggal Tata.

            Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan observasi, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik interaktive Model.

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa toko bangunan Tunggal Tata menerapkan bauran promosi melalui lima elemen yaitu Advertising melalui media logo, Personal Salling melalui media pelayanan, Sales Promotion melalui media pemberian hadiah, Direct Marketing melalui media katalog, dan Word of Mouth. Berdasarkan temuan dilapangan, selain lima elemen dari bauran promosi tersebut, toko bangunan Tunggal Tata menggunakan media tambahan yakni memberikan keringananpada pelanggan dalam proses pembayaran bahan bangunan dalam bentuk pemberian hutang. Oleh karena itu toko bangunan Tunggal tata berhasil dalam meningkatkan volume penjualan dalam empat tahun terakhir.

Kata Kunci­: Implementasi, Bauran promosi, Volume penjualan


Full Text:

PDF

References


Afrianti, Nova & Yunaldi., 2012, Peranan Promosi Perpustakaan Terhadap Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Solok. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 1, 9-16

Arianty, Nel., 2014, Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha Mio Pada PT. Alfa Scorpii Sentral Yamaha, Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol. 14, 98-110

Cahyadi, Karnia & Rendy Iswanto., 2013, Perencanaan Media Promosi Event sebagai Strategi Promosi Lorraine-DIY Invitation di Surabaya, Vol. 2, 28-42

Hasan, Ali., 2013, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan,CAPS (Center For Academic Publishing Service), Yogyakarta

Creswell, Jhon W., 2015, Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Fahmi, S. 2015. Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran Pada PT. Hapeel Pharmindo, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, vol.2 No.3, https://doi.org/10.31843/jmbi.v2i3.59.

Hasan, Ali., 2010, Marketing dari Mulut ke Mulut, Media Pressindo, Yogyakarta

Kotler, Philip., 2005, Manajemen pemasaran jilid 1 & 2, Indeks, Jakarta

Kotler, Pjilip & Gray Armstrong., 2003, Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan. Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta

Madura, Jeff., 2007, Pengantar Bisnis, Edisi 4, Salemba Empat, Jakarta

Onggo, Olivia, dkk. Perencanaan Promosi Transportasi Wisata di Kota Solo. 1-12

Purhantar, Whyu., 2010, Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis, Graha Ilmu, Yogyakarta

Salim, Agus., 2006, Teorui dan Paradigma Penelitian Sosial,Tiarawacana, Yogyakarta

Simamora, Henry., 2000, Manajemen Pemasaran Internasional, Salemba Empat, Jakarta

Sutopo, HB., 2006, Metode Penelitian Kualitatif, UNS Press, Surakarta

Tjiptono, Fandy.,1997, Strategi Pemasaran, ANDI, Yogyakarta

Wilson, Michael T., 1983, Manajemen Armada Penjualan, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta

https://www.jurnal.id/id/blog/2017/5-keuntungan-membuka-bisnis-toko-bangunan, diakses 02 Desember 2018

http://www.kemenperin.go.id/artikel/7889/Pengembangan-Industri-Bahan-Bangunan-yang-Ramah-Lingkungan, diakses tgl 02 Desember 2018

https://tafsir.learn-quran.co/id, diakses 08 Maret 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.