Pengaruh Persepsi Keamanan dan Kepercayaan terhadap Niat Konsumen dalam Melakukan Transaksi E-Commerce, melalui Sikap sebagai Variabel Intervening
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilakukan pada pengguna smartphone di kota malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan persepsi keamanan (security) dan kepercayaan (trust) terhadap pembentukkan niat untuk menggunakan transaksi perdagangan elektronik (e-commerce). Sikap konsumen atas e-commerce (attitude) dipergunakan sebagai variabel antara (intervening). Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptancy Model (TAM) sebagai dasar penyusunan kerangka konseptual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan timbal balik antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi penelitian adalah pengguna smartphone di kota malang. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling, sedangkan metode penentuan sampel dilakukan secara purposif, jumlah sampel yang dipergunakan sebesar 90 orang. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil temuan penelitian yang pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel, persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap sikap. Hasil temuan kedua dari penelitian ini yaitu. terdapat pengaruh signifikan antara variabel sikap, terhadap niat berprilaku. Hasil temuan penelitian yang ketiga adalah, terdapat pengaruh tidak langsung antara persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap niat berperilaku melalui variabel sikap.
Full Text:
PDFReferences
Adams Chris. 2003. Privacy and Security Issues-Building Custom Trust,
Hot banana software Inc. journal.
Bressan Stephane. 2003. Mengembangkan Electronic Commerce di Indonesia : Aspek Teknologi, Bisnis, dan Hukum, Universiitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Carlos Flavian and Miguel Guinaliu, 2006, Consumer Trust, Preceaved Security and Privacy Policy, Emerald: no : 0263-5577, Industrial Management and Data System Journal.
Celuch, K., Goodwin, S., & Taylor, S. A., 2005, Understanding Small Scale Industrial User Internet Purchase and Information Management Intention: A Test of Two Attitude Models, Industrial Marketing Management Journal.
Che Hussin R., Mahadi Bahari, Dahlan. 2002. Privasi di dalam E-Dagang : Suatu Kajian, Universitas Tekhnologi Malaysia.
Ghozali Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, edisi ke-3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gurvinder S. Shergill & Zhaobin Chen. 2005. Web-Based Shopping: Consumers’ Attitudes towards Online Shopping in Newzealand, Journal of electrinoc commerce research, vol. 6,no2.
James A. O’Brien, 2002, Management Information System; Managing Information, Technology in the E-Business Interprise, Mc. Graw-Hil, Fifth edition.
James Engel F., Blackwell Roger D. and Winiard Paul. 1994. Perilaku Konsumen, Binarupa Aksara, Jakarta.
J.K. Shim, Qureshi, Siegel J. and Siegel R. 2000. The International Hand Book Of Electronic Commerce, Glenlake Publishing company, India.
O’Cass, A. and Fenech, T. (2003), “Webretailing adoption: exploring the nature of internet users web retailing behaviour”, Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 10, pp. 81-94.
Raymond and Lee Matthew. 1997, Trust in E-Commerce; Exploring the Antecedent Factors, Dep. Of information system journal, City Univesity of Hongkong.
Sekaran Uma. 2006. Research Methods For Business; Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Buku2 Edisi4, Salemba Empat, Jakarta.
Shalhoub Karake, 2006, Trust, Privacy, and Security in Electronic Business: the case of GCC countries, Emerald: International Management & Computer Security Journal, no. 0968-5227. US.
Solomon Michael R., 1999, Consumer Behavior, Forth Edition, A Simon & Schuster Company. New Jersey.
Schiffinan LG dan LL Kanuk, 1994, Consumer Behavior, Prentice Hall International, London.
Turban. 2002, Information technology for management, John wiley & Sons Inc. 3 th edition.
Thomas J. Kueglen, 2000, Web Advertising and Marketing: Make the Web Work for You,. A Devision of Prima Publishing, Third Edition
Udo Godwin J., 2001, Privacy and Security Concerns as Major Barriers for E-Commerce: a Survey Study, Emerald: Information Management and computer security journal, no. 165-174.
Ustadiyanto Riyeke, 2002, Framework E-Commerce, Andi Offset, Yogyakarta.
Zhang Ping and Na li, 2002, Consumer online shopping attitude and behavior: an assessment of research, Eighth America converence on information system Journal.
DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v1i1.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN). e-ISSN. 2621-3230, Editorial Office: Jl. Cengger Ayam 1/5, Kota Malang, email. prodimanajemen@stiekma.ac.id, Contact Person (Fahmi), 081945122221.